• SMKN 2 TUBAN
  • Brave for Success

Bisnis Digital

PROFIL BISNIS DIGITAL

Program studi ini dirancang untuk mencetak generasi muda yang kreatif dan inovatif, siap menghadapi era digital yang terus berkembang. Melalui kurikulum yang relevan dan praktikum yang intensif, siswa akan mempelajari berbagai keterampilan seperti pemasaran digital, pengembangan website, dan analisis data. Dengan bekal ilmu yang kuat, lulusan Bisnis Digital SMKN Tuban memiliki peluang karier yang sangat cerah di berbagai perusahaan teknologi dan startup.

 

KOMPETENSI / MATERI YANG DIAJARKAN :

FASE E

  • Proses bisnis bidang pemasaran di berbagai industri

  • Perkembangan teknologi dan isu-isu terkini terkait dunia pemasaran

  • Profil pekerjaan/ profesi (job profile) dan peluang usaha di bidang pemasaran

  • Prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan dalam bekerja

  • Berkomunikasi dengan pelanggan

  • Pemasaran barang dan jasa

  • Perilaku konsumen

  • Pelayanan penjualan

  • Kepuasan pelanggan

FASE F

  • Ekonomi bisnis dan administrasi umum

  • Marketing

  • Perencanaan bisnis

  • Komunikasi bisnis

  • Digital branding

  • Digital onboarding

  • Digital marketing

  • Digital operation

 

 LINGKUP PEKERJAAN 

  • Kasir: Bertugas mengurusi dan menyimpan hasil pembayaran terutama uang, dan memasukkannya ke dalam mesin kasir
  • Pramuniaga: Memberikan informasi maupun referensi produk yang sesuai dan cocok untuk konsumen.
  • Sales executive: Bertanggung jawab terhadap strategi penjualan perusahaan secara keseluruhan
  • Visual merchandiser: Mengatur tata letak produk agar menarik untuk dibeli oleh pelanggan di toko.
  • Digital marketer: Memanfaatkan platform dan strategi digital guna mempromosikan produk atau layanan suatu perusahaan, menciptakan kehadiran secara online yang kuat, dan membangun hubungan dengan target audiens.
  • Public relation: Mengelola citra dan reputasi publik melalui langkah komunikasi strategis terhadap informasi yang disebarluaskan untuk mendapatkan keuntungan dalam bentuk persepsi publik yang positif.
  • Dropshipper: Menjual produk ke pelanggan dengan bermodalkan foto dari supplier atau toko tanpa harus menyetok barang, dengan harga yang disesuaikan antara dropshipper dan supplier.
  • Drop servicing: Strategi di mana individu menjual jasa atau layanan kepada klien, tetapi tidak melaksanakan layanan tersebut secara pribadi.
  • Affiliate marketing: Program mempromosikan produk atau jasa dari brand tertentu yang selanjutnya akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan.
  • Marketing agency: Membantu mempromosikan produk atau layanan ke target pasar.
  • Desainer Grafis: Merancang berbagai materi visual seperti logo, poster, kemasan produk, hingga ilustrasi untuk keperluan perusahaan atau individu.
  • Video Editor: Mengedit dan menyusun video menjadi sebuah karya yang menarik dan komunikatif.
  • Content Creator: Membuat konten visual yang menarik dan kreatif untuk berbagai platform media sosial.
  • Wirausaha: Membuka usaha sendiri di bidang jasa atau perdagangan, bisnis digital atau toko merchandiser
  • Customer service: Memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi pelanggan terkait produk perusahaannya.

 

KEUNGGULAN MEMILIH KONSENTRASI KEAHLIAN BISNIS DIGITAL

  • Keterampilan yang dibutuhkan:Keterampilan yang didapat pada bisnis digital sangat dibutuhkan di dunia kerja saat ini yang berbasis digital
  • Prospek kerja luas:Lulusan bisnis digital memiliki banyak pilihan karir yang menjanjikan.
  • Pengetahuan yang mendalam:Bisnis digital memberikan pemahaman yang mendalam tentang bisnis secara konvensional maupun digital.
  • Fleksible:Lulusan bisnis digital sangat fleksibel jika ingin bekerja dibidang apapun, karena setiap perusahaan membutuhkan ilmu marketing.

 

GURU PENGAJAR BISNIS DIGITAL:

  • NUNUK MUJISUCININGTYAS, S.Pd., M.Pd.
  • SULISTIYANI, S.Pd.
  • NUR FAIZAH, S.Pd.
  • YENI NUR DIANA, S.Pd., M.Pd.
  • PURNA WISUDA AGRIS MIHARJA, S.Pd.
  • WIBOWO HERY SUNARYANTO, S.Pd.
  • OKTAFIANY WIDHI ASTUTI, S.Pd.
  • SUSANTO, M. Pd.
  • SRI HARTATIK, S.Pd.
  • ANDY ALYWAFA, S.E., M. M.
  • QUROTUL A'YUNI, S.Pd.
  • WIGIG PRIYO DARWOKO, S.E.
  • SULISTIYANTI, S. Pd.

 

ASESOR KOMPETENSI:

  • SULISTIYANI, S.Pd.
  • NUNUK MUJISUCININGTYAS, S.Pd., M.Pd.
  • YENI NUR DIANA, S.Pd., M.Pd.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Tim kesiswaan sebagai motor penggerak aktivitas peserta didik SMKN 2 Tuban

  Peranan tim kesiswaan menjadi sentral untuk menentukan berkualitasnya peserta didik sebagai subyek pendidikan yang menjadi sasaran utama dalam proses pembelajaran. Ibarat seoran

03/09/2024 13:33 - Oleh Administrator - Dilihat 818 kali
Optimalisasi Kemitraan Pendidikan dan Industri dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan SMKN 2 Tuban

Keberhasilan SMK Negeri 2 Tuban dalam menjalin sinergi yang solid dengan industri merupakan buah dari strategi komunikasi yang cerda dan konsisten yang digagas oleh Tim Humas. Iba

03/09/2024 13:16 - Oleh Administrator - Dilihat 733 kali
Kurikulum

SMKN 2 Tuban, sebagai salah satu lembaga pendidikan terbaik, memiliki komitmen yang kuat dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi dunia kerja. Di bal

03/09/2024 13:15 - Oleh Administrator - Dilihat 617 kali
Tim Mutu SMKN 2 Tuban sebagai Tangga Menuju Peningkatan Kualitas Lembaga

SMK Negeri 2 Tuban terus berupaya untuk menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan berdaya saing. Salah satu kunci untuk terus berkomitmen yakni melalui keberadaan Tim Mutu yang

03/09/2024 13:10 - Oleh Administrator - Dilihat 914 kali
Sinergi Tim Sarana dan Prasarana: Pilar Utama dalam Penyelenggaraan Pendidikan Berkualitas

Keberhasilan suatu lembaga pendidikan tidak dapat dipisahkan dari terpenuhinya sarana dan prasarana yang dimiliki. Layaknya fondasi yang menopang sebuah bangunan megah, sarana dan prasa

03/09/2024 13:09 - Oleh Administrator - Dilihat 641 kali