Tim kesiswaan sebagai motor penggerak aktivitas peserta didik SMKN 2 Tuban
Peranan tim kesiswaan menjadi sentral untuk menentukan berkualitasnya peserta didik sebagai subyek pendidikan yang menjadi sasaran utama dalam proses pembelajaran. Ibarat seorang pengukir kayu tim kesiswaan harus menjadi pengukir yang hebat untuk menentukan bentuk ukiran seperti apa yang diinginkan. Peserta didik harus difasilitasi oleh tim kesiswaan untuk mendapatkan kesempatan dikuatkan potensi yang dimiliki dengan sebaik-baiknya.
Keberadaan tim kesiswaan tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan suatu lembaga, melainkan harus dikelola dengan sebaik-baiknya dengan maksimal sehingga siswa dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi dirinya, kecerdasannya serta sosial emosionalnya. Hal ini sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003, dalam tujuan pendidikan mengamanatkan agar pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Tim kesiswaan memiliki peran penting dalam dalam mewujudkan visi dan misi sekolah terkait dengan pengembangan potensi siswa, bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mengembangkan potensi siswa secara optimal. Tugas utama tim kesiswaan meliputi perencanaan dan pelaksanaan program-program pembinaan siswa, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Selain itu, Tim kesiswaan juga bertanggung jawab dalam menjaga kedisiplinan siswa, menjalin hubungan baik dengan orang tua siswa, serta mengkoordinasikan kegiatan ekstrakurikuler. Dengan kata lain, Tim kesiswaan adalah sosok yang berperan penting dalam membentuk karakter dan masa depan siswa.
Di bawah kepemimpinan Bapak Nanang sebagai Wakasek kesiswaan, tim kesiswaan telah menunjukkan kinerja yang sangat baik. Berbagai program inovatif telah berhasil dilaksanakan, seperti program mentoring bagi siswa baru,pengembangan minat dan bakat melalui ekstrakurikuler yang beragam, serta pembentukan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan dan sosial. Selain itu, tim kesiswaan juga berhasil menciptakan suasana sekolah yang harmonis dan penuh semangat. Hal ini terlihat dari meningkatnya prestasi siswa, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Kerja sama yang solid antara tim kesiswaan, guru, siswa, dan orang tua menjadi kunci keberhasilan program-program yang telah dilaksanakan.
Kedepannya, diharapkan SMKN 2 Tuban dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan potensi siswa. Dengan dukungan dari seluruh komponen sekolah, termasuk guru, siswa, orang tua, dan masyarakat, diharapkan SMKN 2 Tuban dapat melahirkan generasi muda yang berkualitas, berkarakter, dan mampu bersaing di tingkat global.Pengembangan program-program yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan zaman akan menjadi fokus utama dalam upaya mencapai tujuan tersebut.
Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Kurikulum
SMKN 2 Tuban, sebagai salah satu lembaga pendidikan terbaik, memiliki komitmen yang kuat dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi dunia kerja. Di bal
Tim Mutu SMKN 2 Tuban sebagai Tangga Menuju Peningkatan Kualitas Lembaga
SMK Negeri 2 Tuban terus berupaya untuk menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan berdaya saing. Salah satu kunci untuk terus berkomitmen yakni melalui keberadaan Tim Mutu yang
Desain Komunikasi Visual
PROFIL DKV Program Keahlian Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 2 Tuban dirancang secara khusus untuk mencetak lulusan yang siap berkiprah di dunia industri kreatif. Melalui kur