You need to enable javaScript to run this app.

Tata Busana

  • Senin, 22 Februari 2021
  • Administrator
  • 0 komentar

A. DESKRIPSI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA (TBS)

Tata Busana (TBS) di SMKN 2 Tuban  merupakan salah satu program keahlian dalam kelompok pariwisata yang bertujuan untuk menerapkan desain serta estetika pada busana, membuat busana custom made serta menguasai teknik menjahit manual maupun industri.

B. PERAN KERJA

Siswa Kualifikasi Program Keahlian Tata Busana (TBS) memiliki peran kerja yakni menguasai pengetahuan bidang busana untuk usaha mandiri atau bekerja di garmen, menguasai teknik menjahit untuk bekerja di garmen atau usaha mandiri, memiliki kemampuan dasar teknologi informasi dalam bidang keahlian simulasi dan komunikasi digital untuk bekerja di usaha mandiri serta memiliki kemampuan membuat pola untuk bekerja di garmen dan usaha mandiri

C. KEMUNGKINAN JABATAN 

  1. Tailor
  2. Sewing Operator
  3. Pattern Sewing Teacher
  4. Dress Maker
  5. Pattern Grading
  6. Fashion Designer

 

D. KOMPETENSI DAN MATERI YANG DIAJARKAN 

    • Simulasi dan Komunikasi Digital
    • Pada mata pelajaran ini siswa TBS diajarkan untuk menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya) serta memroduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital.
    • Kepariwisatan
    • Pada mata pelajaran ini siswa TBS diajarkan untuk membuat perencanaan modal dasar pengembangan pariwisata, mengelompokkan jenjang karir dalam organisasi kepariwisataan serta mengklasifikasikan organisasi kepariwisataan (nasional, regional dan internasional)
    • Pengetahuan Bahan Tekstil
    • Pada mata pelajaran ini siswa TBS diajarkan untuk mengelompokkan serat tekstil, menyajikan hasil analisis pemeriksaan serat protein, serat selulosa, serat mineral dan buatan serta membuat konstruksi bahan tekstil dari berbagai bahan.
    • Dasar Desain
    • Mata pelajaran ini mengajarkan siswa TBS untuk membuat gambar proporsi tubuh, membuat gambar bagian-bagian tubuh secara anatomi, membuat gambar bagian dan bentuk busana, membuat desain sketsa sesuai dengan konsep colase, serta memilih bahan sesuai dengan desain
    • Pembuatan Pola
    • Mata pelajaran ini mengajarkan siswa TBS untuk membuat pola dasar rok, blus, tunik, kemeja, celana santai, celana, gamis sesuai dengan desain
    • Teknologi Menjahit
    • Mata pelajaran ini mengajarkan siswa TBS untuk melakukan teknik menjahit, mengoperasikan mesin jahit manual dan industri, mengoperasikan mesin jahit penyelesaian serta melakukan pemeliharaan mesin jahit manual dan industry
    • Pembuatan Hiasan Busana
    • Mata pelajaran ini mengajarkan siswa TBS untuk membuat tusuk dasar hiasan dalam suatu produk, membuat sulaman bordir dalam suatu produk serta mMembuat sulaman fantasi dalam suatu produk
    • Pembuatan Busana Custom Made
    • Mata pelajaran ini mengajarkan siswa TBS untuk membuat rancangan bahan bolero/rompi), membuat Jas (Jacket) sesuai rancangan bahan (lab sheet) dan jenis busana lainnya
    • Pembuatan Busana Industri
    • Pada mata pelajaran ini siswa TBS diajarkan untuk membuat pola busana secara manual dan digital dengan sistem grading, membuat busana sesuai kebutuhanserta menentukan Break Even Point penjualan busana
    • Produk Kreatif dan Kewirausahaan
    • Mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan bertujuan untuk membekali siswa ilmu mengenai pembentukan usaha mulai dari mendesign usaha, menghitug harga pokok produksi, system produksi, melakukan promosi online, dan menghasilkan laporan keuangan usaha.

 

E. STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

BIDANG KEAHLIAN : Pariwisata
PROGRAM KEAHLIAN : Tata Busana
KOMPETENSI KEAHLIAN : Tata Busana

 

MATA PELAJARAN

 

KELAS

X

XI

XII

1

2

1

2

1

2

A.      Muatan Nasional

 

 

 

 

 

 

 

1

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

 

3

3

3

3

3

3

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

 

2

2

2

2

2

2

3

Bahasa Indonesia

 

4

4

3

3

2

2

4

Matematika

 

4

4

4

4

4

4

5

Sejarah Indonesia

 

3

3

-

-

-

-

6

Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya

 

3

3

3

3

4

4

B.       Muatan Kewilayahan

 

 

 

 

 

 

 

1

Seni Budaya

 

3

3

-

-

-

-

2

Pendidikan Jasmani, Olah Raga & Kesehatan

 

2

2

2

2

-

-

3

Bahasa Jawa

 

2

2

2

2

2

2

4

Bahasa Mandarin

 

1

1

-

-

-

-

5

Tata Rias dan Kecantikan

 

1

1

-

-

-

-

6

Pendidikan Lingkungan Hidup

 

1

1

1

1

-

-

7

Bimbingan TIK

 

-

-

-

-

1

1

8

Bimbingan dan Konseling

 

-

-

-

-

1

1

 

Jumlah A dan B

 

29

29

20

20

19

19

C.      Muatan Peminatan Kejuruan

 

 

 

 

 

 

 

 

C1.  Dasar Bidang Keahlian

1

Simulasi dan Komunikasi Digital

 

3

3

-

-

-

-

2

IPA Terapan

 

3

3

-

-

-

-

3

Kepariwisataan

 

3

3

-

-

-

-

 

C2.  Dasar Program Keahlian

1

Pengetahuan Tekstil

 

3

2

-

-

-

-

2

Dasar Desain

 

3

3

-

-

-

-

3

Pembuatan Pola

 

3

4

-

-

-

-

4

Teknologi Menjahit

 

4

4

-

-

-

-

 

C3.  Kompetensi Keahlian

1

Desain Busana

 

-

-

3

3

-

-

2

Pembuatan Hiasan Busana

 

-

-

5

5

-

-

3

Pembuatan Busana (Custom-Made)

 

-

-

9

9

13

13

4

Pembuatan Busana ( Industri)

 

-

-

7

7

12

12

5

Produk Kreatif dan Kewirausahaan

 

-

-

7

7

8

8

 

Jumlah C (C1, C2, C3)

 

22

22

31

31

33

33

 

Total

 

51

51

51

51

52

52



Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Dra. Heny Indriana, MM

- Kepala Sekolah -

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Kompetensi Keahlian Favorit ?

Hasil
Banner