Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis
PROFIL MPLB (Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis)
Program Keahlian yang dirancang untuk membekali peserta didik dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas-tugas administrasi di perkantoran dan memberikan layanan bisnis yang berkualitas. Jurusan ini sangat relevan dengan dunia kerja yang semakin mengandalkan efisiensi dan teknologi dalam pengelolaan bisnis.
KOMPETENSI / MATERI YANG DIAJARKAN :
FASE E:
- Proses bisnis manajemen perkantoran dan layanan bisnis di dunia kerja: Disiplin ilmu yang berkaitan dengan pengelolaan operasional dan administratif suatu perusahaan atau organisasi. Proses bisnis adalah serangkaian aktivitas yang saling terkait untuk mencapai tujuan bisnis
- Perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global dalam manajemen perkantoran dan layanan bisnis: Perkembangan teknologi digital membawa perubahan pada manajemen perkantoran dan layanan bisnis, sehingga menjadi lebih efisien. Teknologi perkantoran dapat membantu dalam mencatat, menghimpun, mengolah, memperbanyak, mengirim, dan menyimpan bahan-bahan keterangan secara efisien. Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis adalah disiplin yang berkaitan dengan pengelolaan operasional dan administratif suatu organisasi atau Perusahaan. Manajemen perkantoran modern adalah manajemen perkantoran terbaru yang memanfaatkan teknologi modern untuk mendukung perkembangan zaman
- Profil entrepreneur, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi dalam bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis: Gambaran jenis-jenis pekerjaan pada manajemen perkantoran..Profil dunia kerja berisi informasi mengenai jenis pekerjaan yang ada pada bidang tertentu. Profil dunia kerja juga mencantumkan informasi yang diperlukan oleh pihak luar agar dapat memahami suatu bidang pekerjaan.
- Teknik dasar aktivitas perkantoran di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis : Meliputi teknik pelayanan prima (excellence service), layanan pelanggan (customer service) , serta prosedur dan instruksi .
- Ekonomi dan Bisnis: meliputi konsep dasar ilmu ekonomi, dasar-dasar pemasaran, dan e-commerce.
- Dokumen berbasis digital: Meliputi dasar-dasar prosedur penanganan dokumen, jenis peralatan pengelolaan dokumen, dan prosedur penyimpanan dokumen berbasis digital sesuai dengan sistem yang digunakan di dunia
- Peralatan dan aplikasi teknologi perkantoran: Meliputi pengelolaan peralatan kantor serta prosedur penggunaan perangkat keras dan lunak (komputer) perkantoran.
- Sistem informasi dan komunikasi organisasi: Meliputi jenis data dan informasi, prosedur penggunaan menu homepage, dasar-dasar komunikasi lisan dan tulisan, serta prosedur komunikasi melalui media
- Layanan bisnis dan logistik sesuai standar yang ditentukan: Meliputi konsep layanan bisnis, logistik, dokumen logistik, layanan pergudangan, transportasi, distribusi, dan pengiriman (delivery).
FASE F:
- Ekonomi dan Bisnis: meliputi konsep dasar ilmu ekonomi, dasar-dasar pemasaran, dan e-commerce
- Pengelolaan Administrasi Umum: Meliputi korespondensi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris tingkat dasar, penanganan surat (mail handling), dokumen perjalanan dinas, akomodasi dan transportasi perjalanan dinas (business travelling arrangement), serta pengelolaan jadwal kegiatan pimpinan (daily agenda).
- Komunikasi di tempat kerja: Meliputi prosedur berkomunikasi lisan dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan/atau bahasa asing lainnya melalui telepon maupun secara langsung, pelayanan kepada kolega/pelanggan, serta mengelola informasi di tempat
- Pengelolaan kearsipan: Meliputi prosedur penyimpanan arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip, penentuan masa retensi arsip, penyusutan arsip, serta pengelolaan arsip secara elektronik/digital.
- Teknologi Perkantoran: Meliputi teknik mengetik cepat (keyboarding), peralatan dan perlengkapan kantor (office supplies), mesin-mesin kantor (office machine), aplikasi perkantoran (office software), komputasi berbasis online (cloud computing), serta akses data/informasi melalui
- Pengelolaan Rapat/Pertemuan: Meliputi pengelolaan rapat/pertemuan secara online maupun offline, penyiapan materi presentasi, dan pembuatan notulen
- Pengelolaan Keuangan Sederhana: Meliputi pengelolaan kas kecil, pembuatan laporan kas kecil, pelaksanaan transaksi perbankan sederhana, serta pelaksanaan transaksi kas dan
- Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM): Meliputi peraturan ketenagakerjaan, prosedur administrasi perencanaan, perekrutan, pengembangan, penghargaan, hubungan industrial, penilaian, dan pemberhentian karyawan.
- Pengelolaam Sarana dan Prasarana: Meliputi peraturan sarana dan prasarana kantor, prosedur administrasi pengadaan, penyimpanan, penyaluran, inventarisasi, pemeliharaan, penghapusan sarana dan prasarana kantor, furnitur kantor (office furniture), interior kantor (office arrangement), dan tata ruang kantor (office layout).
- Pengelolaan Humas dan Keprotokolan: Meliputi khalayak humas, etika dan kode etik profesi humas, media komunikasi humas, kegiatan kehumasan, peraturan keprotokolan, dan penanganan berbagai kegiatan keprotokolan.
Lulusan MPLB diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut:
- Menguasai administrasi perkantoran: Mampu mengelola segala urusan administrasi dengan efisien dan efektif.
- Mahir menggunakan teknologi informasi: Terampil dalam menggunakan berbagai perangkat lunak perkantoran.
- Memiliki kemampuan komunikasi yang baik: Dapat berkomunikasi secara efektif baik secara lisan maupun tulisan.
- Mampu memberikan pelayanan pelanggan yang memuaskan: Dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.
- Dapat bekerja dalam tim: Mampu berkolaborasi dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.
- Berorientasi pada hasil: Memiliki motivasi untuk mencapai target yang telah ditetapkan.
LINGKUP PEKERJAAN :
- Sekretaris: Memberikan dukungan administratif kepada pimpinan.
- Resepsionis: Menyambut tamu dan mengelola telepon.
- Petugas administrasi: Mengelola dokumen, data, dan informasi.
- Customer service: Memberikan pelayanan kepada pelanggan.
- Tenaga pemasaran: Melakukan kegiatan pemasaran produk atau jasa.
- Wirausaha: Membuka usaha sendiri di bidang jasa atau perdagangan.
GURU PENGAJAR:
- SRI MURYANTIWI, S.Pd.
- ENI SUSANTI, S.Pd.
- YUSRI TYASANITAWATI, S.Pd.
- FIRMANSYAH, S.Pd
- LENI HARYANTI, S.Pd
- WAHYU PUTRO DEDY FIRMANSYAH, S.Pd
- SHELA MELINDA HANUM, S.Pd
- RENNY PUTRI KUSUMANINGTIYAS, S.Pd
- TITIANNA ZAKIAH AMBARWATI, S.Pd
- LUSI NURJANAWATI, S.Pd
- FARIDATUN NAFISAH, S.Pd
Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Tim kesiswaan sebagai motor penggerak aktivitas peserta didik SMKN 2 Tuban
Peranan tim kesiswaan menjadi sentral untuk menentukan berkualitasnya peserta didik sebagai subyek pendidikan yang menjadi sasaran utama dalam proses pembelajaran. Ibarat seoran
Optimalisasi Kemitraan Pendidikan dan Industri dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan SMKN 2 Tuban
Keberhasilan SMK Negeri 2 Tuban dalam menjalin sinergi yang solid dengan industri merupakan buah dari strategi komunikasi yang cerda dan konsisten yang digagas oleh Tim Humas. Iba
Kurikulum
SMKN 2 Tuban, sebagai salah satu lembaga pendidikan terbaik, memiliki komitmen yang kuat dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi dunia kerja. Di bal
Tim Mutu SMKN 2 Tuban sebagai Tangga Menuju Peningkatan Kualitas Lembaga
SMK Negeri 2 Tuban terus berupaya untuk menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan berdaya saing. Salah satu kunci untuk terus berkomitmen yakni melalui keberadaan Tim Mutu yang
Sinergi Tim Sarana dan Prasarana: Pilar Utama dalam Penyelenggaraan Pendidikan Berkualitas
Keberhasilan suatu lembaga pendidikan tidak dapat dipisahkan dari terpenuhinya sarana dan prasarana yang dimiliki. Layaknya fondasi yang menopang sebuah bangunan megah, sarana dan prasa