PROFIL BKK

PROFIL BKK

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang selalu  melimpahkan rahmat dan hidayah Nya kepada kami Bursa Kerja Khusus ( BKK )  SMK Negeri  2 Tuban

Penyelenggaraan Bursa Kerja Khusus ( BKK )   merupakan salah satu kegiatan untuk mengolah dan mengembangkan hasil tamatan untuk dapat terarah dalam menentukan karirnya. Tujuan utama Bursa Kerja Khusus ( BKK )  adalah untuk menjembati tamatan khususnya alumni SMK Negeri  2 Tuban dalam memberikan informasi maupun menyalurkan ke dunia kerja, sekaligus untuk mendata alumni.

Melalui Program ini, perkenankanlah kami sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnyanya kepada yang terhormat  :

  1. Kepala SMK Negeri 2 Tuban yang telah memberikan bimbingan dan kepercayaan kepada kami
  2. Seluruh dewan guru SMK Negeri 2 Tuban untuk membantu kami dalam mendapatkan atau memberikan informasi kepada alumni.
  3. Kepala Tata Usaha SMK Negeri 2 Tuban dan staf.
  4. Dunia usaha dan Industri / instansi baik Negeri/ Swasta sebagai mitra kerja
  5. Semua pihak yang dapat membantu kami.

Kami berharap program ini dapat dijadikan bahan acuan dalam kegiatan Bursa Kerja Khusus ( BKK )  dan akhirnya kami ucapkan terima kasih.

Tuban,   Juli 2018
Ketua BKK

 

Mahfudlotin, S.Pd, MM
NIP 19680905 200604 2 009

  1.  LATAR BELAKANG

 

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara ( UU No. 20 th 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional )
SMK Negeri  2 Tuban sebagai salah satu Lembaga pendidikan Formal yang menyelenggarakan jenjang pendidikan menengah Kejuruan ( SMK ) yang bertujuan menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah. Salah satu yang menjadi tuntutan bagi SMK saat ini adalah bagaimana agar bisa mencitrakan diri sebagai sekolah yang mampu mencetak siswanya menjadi tenaga kerja yang produktif dan professional. Tamatan SMK Negeri  2 Tuban dapat diterima di Dunia kerja / Industri dari tingkat lokal, nasional maupun internasional, dengan demikian pencitraan ( Brand ) SMK Negeri  2 Tuban menjadi salah satu bagian yang tak kalah pentingnya dalam pengelolaan lembaga yang harus diketahui oleh masyarakat.

Orientasi pencitraan SMK diarahkan supaya selalu mendapatkan peluang dan keunggulan kompetitif terutama pada lulusan yang professional sehingga menimbulkan  kepercayaan  penuh  dari  pengguna   ( User ),   menurut  Hermawan ( 2004 )  dalam istilah dunia kerja dan industri, pencitraan yang kuat dari sebuah lembaga atau instansi yang menghasilkan produk dan jasa memiliki karakteristik antara lain Brand Awareness artinya kekuatan eksistensi citra dimana lembaga atau instansi yang menghasilkan produk atau jasa tetap memiliki citra yang bertambah kuat seiring perkembangan zaman.

Tamatan/ lulusan SMK semakin tahun semakin banyak menuntut lembaga untuk dapat melakukan terobosan dan kerja sama dengan Dunia Usaha/ Industri, dimana saat ini antara tamatan dan kebutuhan tenaga kerja tidak seimbang, sehingga memunculkan banyaknya pengangguran, dengan meningkatnya jumlah pencari kerja dan kesenjangan informasi untuk memperoleh pekerjaan serta terbatasnya pelayanan antara di Disnaker, maka perlu adanya tanggungjawab bersama menyangkut Sumber Daya Manusia (SDM )

Disnaker sebagai suatu instansi pemerintah yang melaksanakan kegiatan antar kerja telah kewalahan dalam menangani masalah ketenaga kerjaan. Untuk mengatasi hal tersebut maka diadakan kerjasama antara Disnaker dengan Dinas Pendidikan yang didasari oleh perjanjian kerjasama No. 070/U/1993 dan Keputusan No. 215/Men/ 1993 tentang pembentukan Bursa Kerja Khusus ( BKK ) dan penyelenggaraan Bursa Kerja Khusus disatuan pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi.
Langkah yang diambil oleh pemerintah dalam hal ini Disnaker dan Disdik sebagai upaya untuk menjembati sekaligus sebagai tempat informasi dalam hal kesempatan/ lowongan tenaga kerja khususnya tamatan pada tingkat Sekolah Menengah Kejuaruan ( SMK ).

  1.  PERANAN PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN

Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) yang memiliki Misi menciptakan tenaga kerja tingkat menengah yang trampil dan professional serta siap terjun kedunia kerja/ dunia industri diharapkan mampu pula menyalurkan alumninya/ bertindak sebagai pengantar kerja. Pemikiran demikian dipertegas dengan adanya perjanjian kerjasama antara Disnaker dan Dinas Pendidikan.
Sebagai tindak lanjut dari adanya perjanjian kerjasama tersebut, maka SMK Negeri  2 Tuban merasa ikut bertanggungjawab dan ikut memikirkan alumninya untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya dengan cara mendirikan Bursa Kerja Khusus ( BKK )

Secara garis besar tugas Bursa Kerja Khusus ( BKK ) adalah :

  1. Memberikan pelayanan informasi ketenaga kerjaan kepada siswa dan alumninya yang akan memasuki dunia kerja.
  2. Membina dan mengembangkan hubungan kerjasama dengan pemerintah dan swasta dalam pengadaan informasi ketenaga kerjaan termasuk informasi pelatihan kerja dan penyalurannya.
  3. Melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan seleksi calon tenaga kerja yang bersumber dari tamatan SMK Negeri 2 Tuban dengan bantuan instansi Pemerintah maupun swasta.
  4. Membina hubungan baik dengan para alumni yang telah bekerja dan berhasil dalam bidang usaha untuk membantu memberi peluang penempatan bagi tamatan berikutnya yang memerlukan pekerjaan.
  5.  DASAR

Bursa Kerja Khusus ( BKK ) dalam melaksanakan kegiatan medasarkan pada :

  1. Undang-undang RI nomor : 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Mentri Tenaga Kerja RI Nomor : Per. 02/Men/1994 tentang penempatan tenaga kerja didalam dan diluar negeri.
  3. Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor : Kep.44/Men/1994 tentang Petunjuk pelaksanaan penempatan tenaga kerja didalam dan diluar negeri.
  4. Perjanjian Kerjasama antara Menteri Tenaga Kerja dengan Menteri Pendidikan Nasional C.Q. Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan dan Pendidikan Tinggi.
  5. Surat ijin pendirian dan operasi Bursa Kerja Khusus di SMK Negeri 2 Tuban.
  6. VISI
               Visi BKK adalah mewujudkan keterserapan lulusan SMK ke Dunia Usaha dan Dunia Industri sesuai dengan kompetensi yang dimiliki secara profesional, produktif, mandiri, berbudi pekerti luhur yang mampu bersaing di pasar global.
  7.  MISI

Misi BKK adalah Menyalurkan dan menempatkan lulusan SMK ke Dunia Usaha/ Dunia Industri serta meningkatkan kerja sama dengan pengguna lulusan.

  1. TUJUAN BKK
  2. Mempertemukan tamatan SMK dengan dunia usaha/industri yang membutuhkan tamatan SMK, agar terjadi proses transformasi informasi
  3. Memberi peluang saling berinteraksi antara tamatan SMK untuk menawarkan kompetensi yang dimiliki kepada dunia usaha/industri yang membutuhkan tenaga kerja
  4. Meningkatkan hubungan kerjasama SMK dengan dunia usaha/industri, dengan adanya pendekatan personil pengelola SMK dengan perwakilan industri.
  5. Meningkatkan wawasan Tamatan SMK tentang peluang kerja di dunia usaha/industri, sehingga tamatan dapat memilih peluang kerja sesuai kompetensi yang dimiliki.
  6. Terjadinya proses rekrutmen sesuai dengan formasi kerja dan kompetensi yang dimiliki tamatan.
  7. Terserapnya tamatan ke dunia kerja.
  8.  PROGRAM
    Program kerja yang akan dilaksanakan oleh Bursa Kerja Khusus ( BKK ) SMK Negeri 2 Tuban adalah :
  9. Studi kelayakan tentang peluang Bursa Kerja Khusus ( BKK ) dengan langkah-langkah mencari dan mendata dunia usaha dan dunia indutri baik lokal, nasional maupun internasional.
  10. Menyiapkan dan menyediakan fasilitas/ sarana prasarana
  11. Menyusun program kerja dan konsultasi
  12. Menyiapkan Sumber Daya Manusia ( SDM ) dalam hal ini menyiapkan peserta didik yang sedang dalam proses pendidikan.
  13. Mengadakan dan menyiapkan pengembangan Karir baik siswa maupun alumni
  14. Mendata siswa maupun alumni
  15. Mencari informasi lowongan dan kunjungan ke Dunia Usaha/ Industri
  16. Pelayanan Penempatan dan Penyaluran
  17. Mengadakan kontak/ komunikasi dengan alumi dan orang tua / wali siswa
  18. Mengadakan kerjasama dengan Dunia Usaha / Industri baik mengenai kontrak Kerjasama maupun dalam penyaluran tenaga kerja.
  19. Mengadakan penelusuran tamatan.
  20. Mengadakan evaluasi dan analisis hasil kegiatan.

 

  1.  JASA PELAYANAN
    Jasa Pelayanan ketenaga kerjaan yang memungkinkan untuk diberikan oleh Bursa Kerja Khusus ( BKK ) antara lain :

 

  1. Memberikan informasi lowongan pekerjaan ataupun pelatihan ketrampilan.
  2. Memberikan pelayanan kepada pihak-pihak yang bersedia memberi peluang kerja
  3. Menyalurkan alumni peminat melalui program Bursa Kerja Khusus ( BKK )

 

  1.  PELATIHAN DAN SELEKSI
    Bursa Kerja Khusus ( BKK ) SMK Negeri  2 Tuban baik secara sepihak maupun bersama-sama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri bersedia bekerjasama dalam program pelatihan dan seleksi dalam perekrutan tenaga kerja, dan SMK Negeri  2 Tuban menyediakan fasilitas yang dapat digunakan untuk kepentingan tersebut.

 

  1.  PEMBIAYAAN
    Dari alokasi dana BOS dan komite

 

 

 

 

 

PROFIL SMK NEGERI 2 TUBAN TP 2017/2018
Nama Sekolah    : SMK NEGERI 2 TUBAN
NSS                             : 34 1050 60 1 003
NPSN : 20505025
Status Sekolah       : Negeri
Tanggal Penetapan Akreditasi : 2 7 1 0 2 0 1 5
Peringkat Akreditasi : A
Klasifikasi Sekolah : SEKOLAH REVITALISASI
Tahun Berdiri          : 1989
Luas Lahan              : 16480  m2 (Milik /Pinjam)
Koordinat Lokasi : 6.9036345, 112.0679694
Alamat Sekolah              : Jl. Prop. Moh. Yamin. SH 106 Tuban
Telpon/Faximile      : ( 0356) 321255 Fax. 331862
Email : smkn2tbn@yahoo.com
Website : www.smkn2tbn.sch.id
Nama Kepala Sekolah     : Drs. MUJIONO.MPd
Nomor HP Kepala Sekolah : 082140076344
Penyelenggaraan KBM : Pagi

 

SMK Negeri 2 Tuban terletak di kecamatan Tuban yaitu arah selatan dari Kantor Kabupaten Tuban. SMK Negeri 2 Tuban mempunyai 2 lokasi yang berbeda, yaitu sekolah induk dan sekolah utara. Lingkungan SMK Negeri 2 Tuban sangat asri karena di halaman depan, halaman tengah dan di sisi-sisi bangunan kelas maupun ruang yang lain banyak tanaman yang rindang. Selain itu tanaman hias di taman sekolah dan taman kelas maupun yang ditanam di pot-pot serta di pot-pot gantung. SMK Negeri 2 Tuban juga mempunyai green house, kebun toga, hutan sekolah dan kebun sayur yang beraneka ragam jenisnya. Kondisi tersebut mampu menciptakan situasi yang nyaman sehingga terasa menyenangkan, terlebih adanya gazebo yang berada di ruang terbuka hijau dan strategis yang dapat digunakan untuk pembelajaran di luar kelas sehingga menambah suasana SMK Negeri 2 Tuban semakin nyaman dan menyenangkan bagi seluruh warga sekolah.

SMK Negeri 2 Tuban didirikan tanggal 5 Juni 1989 atas dasar SK.Mendikbud Nomor 0342/U/1989 tanggal 5 Juni 1989, dengan nama SMEA Negeri Tuban. dengan luas lahan 16.460 m2 memiliki ruang 101 ruang, jumlah rombel 54 kelas, jumlah siswa seluruhnya 1800 an orang dan didukung tenaga pendidik 109 orang, sebanyak 14 orang berpendidikan S2 dan 95 orang berpendidikan S1, sedangkan jumlah tenaga non kependidikan 44 orang. Dalam meningkatkan mutu pendidikan SMK Negeri 2 Tuban selalu bekerjasama dengan baik antara siswa, tenaga pendidik, tenaga non kependidikan dan komite sesuai dengan perannya masing-masing.

Berikut adalah sekelumit prestasi yang telah dilalui:

  1. Ditetapkan menjadi Sekolah Revitalisasi Tahun 2018
  2. Tersertifikasi ISO 9001:2015 pada tahun 2018.
  3. Di tunjuk sebagai Pilot Project penerapan Kurikulum 2013, pada tahun 2013
  4. Meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Tuban pada tahun 2013
  5. Meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Propinsi Jawa Timur pada Tahun 2014
  6. Meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional pada Tahun 2016
  7. Juara 3 Debat Bahasa Indonesia Propinsi Jawa Timur Tahun 2018
  8. Juara 1 Debat Bahasa Inggris Propinsi Jawa Timur tahun 2018
  9. Juara 1 Fashion Show Adiwiyata di UNIROW (Model) Kabupaten Tuban Tahun 2018
  10. Juara 1 Bulutangkis Kabupaten Tuban 2017
  11. Juara 1 Lomba LKS AKUNTANSI Kabupaten Tuban 2017
  12. Terakreditasi A untuk semua Program Studi Keahlian pada Tahun 2015

 

 

P E N U T U P
A. Kesimpulan
Berdasarkan Analisisa Kondisi, Studi Kelayakan, Infra Struktur dan Ruang yang dimiliki SMK Negeri  2 Tuban dapat disimpulakan bahwa SMK Negeri  2 Tuban siap dan layak menjalankan segala kegiatan sesuai dengan program kerja guna melengkapi / penambahan peralatan BKK untuk menunjang program sekolah.

  1. Penutup
    Dengan mengucap syukur alhamdulillah kami dapat menyelesaikan program kerja ini semoga program kerja ini sebagai dasar dan arah dalam melangkah dan menjalankan organisasi ini, semoga amal baik ini dapat diterima oleh allah SWT, amin…